Pemerintah Distrik Bakal Digelontor Dana Rp 5-10 Miliar

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat memberikan keterangan di Sentani, Rabu (4/4) lalu.

SENTANI- Untuk meningkatkan pelayanan publik yang  belum berjalan maksimal di Kabupaten Jayapura, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura akan menurunkan kewenangan kepala daerah kepada distrik-distrik. Untuk mendukung pelimpahan kewenangan ini, maka konsekuensinya, pemerintah distrik akan digelontor dana yang cukup besar, yakni berkisar Rp 5 Miliar hingga Rp 10 Miliar.

    Diharapkan dengan kebijakan ini, Pemerintah Distrik  mampu menjalankan roda pemerintahan, terutama terkait dengan pelayanan publik agar bisa lebih maksimal kedepannya. Untuk itu, maka Pemkab  Jayapura, saat ini terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai kewenangan-kewenangan yang akan diberikan kepada distrik, sehingga ke depan nanti distrik menjadi pusat pemberdayaan, pusat pelatihan, dan pusat data.

    Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MSi mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan distrik sebagai pusat data, pusat pemberdayaan, dan pusat pelatihan, maka setiap distrik akan anggarkan dana sebesar 5-10 miliar. Dengan begitu,  segala urusan di kampung tidak perlu diselesaikan lagi di tingkat kabupaten, tetapi distrik sudah bisa mengambil alih untuk menyelesaikannya.

 selengkapnya baca di harian cepos edisi 9/4 (bet/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *