Miris, Dasar Laut Juga Dijadikan Tempat Sampah

JAYAPURA-Persoalan sampah di Kota Jayapura ternyata tak hanya bisa diteriakkan dengan melihat kondisi di darat. Di dasar laut juga banyak yang menjadikan sebagai tempat sampah. Asal membuang dan akhirnya menumpuk di dasar.

Tak salah jika persoalan sampah ini kembali kepada perilaku atau karakter manusia masing-masing. Meski pemerintah kencang dengan visinya namun dari Perda yang dimiliki seharusnya ada penegakan hukum agar ada bentuk jera bagi perilaku yang selama ini tak ramah.

Soal kondisi bawah laut yang dikatakan banyak sampah ternyata justru berada di pusat kota tepatnya di depan kantor Gubernur Papua, Jalan Soa Siu, Dok II, Distrik Jayapura Utara . Di lokasi yang sering disebut sebagai kursi panjang (Kupang) ini tak sedikit orang memilih membuang sampah ke laut dan menumpuk di dasar.

“Kalau mengatakan laut bersih dan jernih itu sebenarnya di atas, sementara di  dasarnya itu banyak sekali sampah terutama botol dan kami menyebut pantai Dok II ini sebagai lokasi karang botol karena banyak sekali botol di bawah laut,” ujar Rudi, salah satu Pamong Saka Bahari saat ditemui disela-sela aktivitasnya di depan Kantor Gubernur Papua, Sabtu (7/4).

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 9/4  (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *