Tak Cukup Bukti, 42 Orang Dipulangkan

KECEWA – Sekum KNPB, Ones Suhuniap (duduk tengah) didampingi pengacara dari LBH dan Eslham Papua ketika memberikan keterangan pers pasca diamankan di Polres Jayapura Kota, Kamis (5/4) kemarin.

KNPB dan Elsham Nilai Aparat Tidak Profesional

JAYAPURA- Polisi akhirnya melepaskan 42 orang dari  45 orang yang diamankan saat penggerebekan yang dilakukan aparat gabungan TNI dan Polri di Rusunawa Kampus Uncen Waena, Rabu (4/4) kemarin. Sementara tiga orang lainnya hingga kemarin masih menjalani pemeriksaan intensif terkait dengan kepemilikan ganja, Laptop dan kendaraan yang diduga hasil Curanmor.

   Kasat Reskrim Polres Jayapura Kota, AKP Henrikus Yossi H menyebutkan, pemulangan tersebut tidak secara serentak, melainkan gelombang pertama sebanyak 26 orang dipulangkan pada Rabu (4/4) malam, sedang gelombang kedua dipulangkan Kamis (5/4) pagi,  setelah mereka menjalani pemeriksaan.

  “Dari 45 orang yang kami amankan saat penggerebekan, saat ini yang masih dimintai keterangan 1 orang terlibat kasus penadahan curanmor dengan inisial ST, 1 kasus narkoba dengan inisial PW dan 1 orang terkait dengan kepemilikan Laptop NK yang saat ini ditangani Polsek Abepura,” ucap Henrikus.

   Sementara untuk  36 unit motor yang diamankan, lanjut Kasatreskrim,  7 unit motor sudah teridentifikasi A1 atau sudah pasti sebagai  motor curian. Sementara sisanya masih akan berkembang dari hasil penyelidikan polisi, dimana pihaknya  juga akan mengecek kepemilikan kendaraan tersebut di Kantor Samsat.

  “Untuk 7 motor sudah ada LP nya, dan saya pastikan ini akan berkembang lagi. Kemungkinan sebagian kendaraan ini pemiliknya ada di luar wilayah hukum kami dan LP-nya tercatat di tempat lain,” terangnya.

  Terkait dengan Sekjen KNPB  yang juga sempat diamankan,  kata Henrikus, sudah dipulangkan, karena saat penggerebekan tersebut yang bersangkutan memang berada di TKP, hanya saja tak ada aktivitas apa-apa. Dia diamankan   hanya untuk dimintai keterangan.

selengkapnya baca di Harian cenderawasih Pos Edisi 6/4 (fia/ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *