Misionaris Cemas, Pengusaha Tambang Mulai Masuk ke Korowai

MENGANCAM- Puluhan warga yang akan naik ke lokasi penambangan menggunakan jalur Sungai Deiram, Korowai Rabu (4/4). Para penambang ini diduga tak memiliki izin penambangan dan menggunakan carian mercury.

JAYAPURA-Meski telah disuarakan beberapa bulan lalu terkait ancaman aktivitas penambangan di Korowai termasuk penegasan dari Wakil Bupati Boven Digoel, Chaeru Anwar  soal tak boleh ada aktivitas penambangan di daerah Korowai yang masuk wilayah Boven Digoel, namun kenyataannya hingga Rabu (4/4), ternyata aktivitas tersebut masih saja dilakukan.

Bahkan menurut missionaris di Danowage, Korowai, Pdt Trevor Johnson dan Pdt Paul Snider, Rabu kemarin sekira pukul 10.30 WIT, ia sempat mengambil beberapa foto di Pelabuhan Danowage.

Trevor mengaku kaget melihat ada rombongan besar yang hendak naik Sungai Deiram Hitam. Tujuannya jelas untuk mencari emas. Sekelompok orang ini juga membawa mesin dan alat untuk mencari emas. “Saya katakan kepada mereka bahwa mereka sedang melakukan kegiatan ilegal dan mencuri kekayaan tanah orang Korowai. Mereka dari luar datang mengambil emas dan menjadi kaya sedangkan orang Korowai tinggal miskin di tanah mereka sendiri.

Ini sangat tidak adil,” kata Trevor dalam messengernya tadi malam.

 

selengkapnya baca di Harian cenderawasih Pos Edisi 6/4 (ade/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *