Gelar UNBK, SMK Sepakat Tarik Iuran

Victor Faubun

JAYAPURA-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan serentak pada Selasa (3/4) kemarin sekalipun lancar namun dibalik itu pihak sekolah sempat ketar ketir. Bagaimana tidak, persoalan pengalihan sekolah yang sebelumnya ditangani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua ternyata tak dibarengi dengan sejumlah data dan akomodasi, sehingga dalam pelaksanaan UNBK ini banyak sekolah yang tak mendapatkan dukungan anggaran.

Sementara karena waktu semakin mepet dan tak ada jawaban pasti dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, akhirnya pihak sekolah memutuskan melakukan pungutan kepada orang tua siswa peserta ujian. Nominal iuran ini sendiri tak seragam namun semua di atas Rp 1 juta.

Untuk SMKN 3, SMKN 2 dan SMKN 5 Jayapura nominal Rp 1,5 juta sedangkan SMK 6, SMKN 4 dan SMKN 9 berfariasi mulai dari Rp 1,1 juta dan Rp 1,2 juta. “Soal iuran ini ada kesepakatan. Pihak orang tua juga sepakat dan ini semua karena belum ada dukungan dari Dinas Provinsi,” kata Kepala SMKN 5 Jayapura, Suprayitno melalui ponselnya, Selasa (3/4).

selengkapnya baca di harian cenderawasih Pos Edisi 4/4 (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *