DPRP Upayakan Tarik Kembali Pembagian Dana Otsus

JAYAPURA-Ketua Komisi V DPR Papua, Yan P. Mandenas mengatakan bahwa DPR Papua akan menarik kembali pembagian 80:20 persen dana otonomi khusus (Otsus) Papua. Pasalnya, saat ini Pemerintah Provinsi Papua masih membutuhkan penambahan anggaran untuk mengatasi berbagai macam hal, di antaranya peralihan kewenangan guru SMA/SMK, termasuk di lingkungan Dinas Kehutanan, Dinas Tenaga Kerja, Pertambangan, dan Dinas Perikanan, yang juga dialihkan dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi.

“Hal ini dilakukan supaya dapat mengatasi beberapa masalah di Papua, terutama membiayai sekolah-sekolah, melengkapi fasilitas sekolah, serta mengatasi persoalan gaji guru honorer di sekolah-sekolah. Bisa juga untuk mengatasi persoalan pembenahan rumah sakit. Misalnya, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 200 Miliar, dengan tambahan Dana Otsus, maka kita bisa mengatasi pembenahan rumah sakit tersebut,” ungkap Mandenas, kepada Cenderawasih Pos, Senin (2/4) kemarin.

Untuk mengatasi sejumlah persoalan tersebut, Mandenas menilai solusi yang tepat yaitu menarik kembali persentase anggaran 80:20 persen Otsus ke Pemprov, yang mana sekiranya 40 persen diberikan untuk Pemerintah Provinsi, sehingga sisa 60 persennya dialokasikan untuk pemerintah kabupaten/kota. “Setelah itu barulah kita bisa mengatur anggaran untuk pembiayaan pendidikan dan rumah sakit yang memang sifatnya urgent,” tambahnya.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 4/4 (gra/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *