Kapolri: Penyelesaian Konflik dengan Dialog, Bukan Perang

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam kunjungan kerja Kapolri bersama rombongan di Kabupaten Mimika yang didampingi langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar serta Pangdam XVII Cenderawasih, di Mimika, Minggu (1/4).

MIMIKA- TNI dan Polri harus menjaga stabilitas politik dan keamanan, membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan. Pendekatan kepada tokoh-tokoh merupakan sesuatu yang mutlak, dan melakukan komunikasi dengan para tokoh tersebut baik ditingkat atas, formal maupun informal.

Hal tersebut disampaikan Kapolri Jendral Polisi  Muhamad Tito Karnavian dalam kunjungan kerja Kapolri bersama rombongan di Kabuten Mimika yang didampingi langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar serta Pangdam XVII Cenderawasih, Minggu (1/4).

Menurutnya, peran Kapolda dan Pangdam sangat sentral dalam membentuk solidaritas untuk mengantisipasi potensi konflik antara masyarakat lokal dan pendatang. Konflik vertikal di Papua adalah masih ada gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang akar permasalahannya adalah ekonomi dan pembangunan yang belum merata.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 2/4  (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *