Tiap Hari Hasilkan 4,3 Ton Sampah

ANGKUT SAMPAH: Seorang petugas kebersihan Kota Jayapura saat mengangkut sampah di Pasar Youtefa, Distrik Abepura, beberapa waktu yang lalu.

*Ketty Kailola: Sampah di Perumahan yang Paling Sulit Diatur

JAYAPURA-Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Ir. Ketty Kailola, M.Si., mengatakan bahwa setiap hari Kota Jayapura bisa menghasilkan 4,3 ton sampah. Sampah ini sendiri kebanyakan dihasilkan dari lokasi perumahan.

Perumahan selain penghasil sampah terbesar ternyata menjadi lokasi yang paling sulit diatur untuk jadwal pembuangannya.  Masih banyak warga yang memiliki intelektual lebih baik dengan tempat tinggal lebih representatif ternyata tak menjamin tertib dalam waktu membuang sampah.

Ini disebut erat kaitannya dengan perilaku masyarakat yang memang harus dirubah.  Bagaimana tertib membuang sampah dan tidak sellau menghasilkan sampah. “Ini yang kadang masih agak bandel, sampah di perumahan yang paling sulit ditertibkan. Kadang mereka buang tidak ikut waktu juga padahal tiap harinya di Jayapura ini menghasilkan 4,3 ton sampah,” kata Ketty saat ditemui di Kotaraja, Kamis (29/3).

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 31/3  . (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *