Kebijakan Menteri Susi Pujiastuti Bisa Diadopsi

Terkait Upaya Mengurangi Sampah Plastik

JAYAPURA-Kebijakan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pujiastuti yang berupaya mengurangi sampah plastik dengan mengawali di lingkup tempat kerjanya mendapat apresiasi dari tiga aktivis lingkungan Papua, Rachmad Saleh, Lie Tangkepayung dan Dian Wasaraka. Ketiganya menganggap apa yang dilakukan Menteri Susi meski kesannya mendadak diterapkan namun tetap berdampak positif.

Ketiga aktivis lingkungan ini mengatakan, Papua atau Kota Jayapura bisa menirunya untuk mengurangi munculnya sampah plastik. “Saya melihat ini butuh political will yang kuat dan partisipatif dari wali kota, bupati dan gubernur. Praktek ini bisa diadopsi dan sebenarnya tak sulit, tinggal kemauan saja dan untuk memperketat ini bisa dibarengi dengan sanksi seperti yang dilakukan ibu Susi,” kata Rahmad Saleh melalui ponselnya, Jumat (30/3).

Pria yang pernah bergabung dengan WWF, Conservation International (CI), The Nabire Conservacy (TNC), USAID IFACS (Indonesia Forest and Climate Support) ini menyebut bahwa kebijakan ini sangat memungkinkan dilakukan dan bisa dimulai dari kantor yang lebih kecil semisal distrik. “Contoh jika Distrik Abe menjalankan tentu ada poin plus di sini, jadi setiap acara harus memikirkan bagaimana mengurangi sampah plastik,” imbuhnya.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 31/3  (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *