Ini yang Disumbangkan Masyarakat Indonesia kepada Masyarakat Samoa

Salah satu dari dua unit mobil ambulans yang disumbangkan masyarakat Indonesia kepada masyarakat Samoa

JAYAPURA-Masyarat Indonesia memberikan perhatian terhadap masyarakat Samoa yang tertimpa musibah Topan Gita, 12 Februari 2018 lalu.
Topan Gita ini menyebabkan Samoa mengalami banjir dan angin kencang. Beberapa media di Samoa menyebutkan beberapa fasilitas kesehatan mengalami kesulitan air dan permasalahan lainnya, termasuk demam berdarah, penyakit pencernaan dan trauma pasca bencana.
Terkait kondisi ini Pemerintah RI melalui Kedutaannya di Wellington telah mengirimkan ambulans untuk membantu rumah sakit di Samoa dalam meningkatkan kapasitas pelayanan dan guna menjangkau masyarakat di daerah.

Menurut release yang diterima Cenderawasih Pos dari Kedutaan RI di Wellington, Selandia Baru, Selasa (27/3), penyerahan 2 unit ambulans dari Pemerintah RI, telah dilaksanakan di Kantor Kementerian Kesehatan Samoa di Apia, Senin (26/3).
Dalam penyerahan tersebut Utusan Khusus Presiden RI Dubes Muhammad Lutfi mewakili Pemerintah RI dan Menteri Kesehatan Samoa Hon, Dr. Talalelei Tuitama mewakili Pemerintah Samoa.
Upacara penyerahan juga dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga, Dubes Tantowi Yahya serta Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa Hon, Afamasaga Lepuiai Rico Tupai.

Kedua ambulans merupakan simbol kedekatan hubungan dan kekerabatan antara masyarakat Indonesia dan Samoa.
Topan Gita telah menghantam Samoa pada 12 Februari 2018 dan menyebabkan Samoa mengalami banjir dan angin kencang. Beberapa media menyebutkan beberapa fasilitas kesehatan mengalami kesulitan air dan permasalahan lainnya, termasuk demam berdarah, penyakit pencernaan dan trauma pasca bencana. Pemerintah RI melalui Kedutaannya di Wellington telah mengirimkan ambula
Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan Somoa Hon, Dr. Talalelei Tuitama menyampaikan apresiasinya dan mengharapkan kedua negara dapat meningkatkan kerjasama di bidang kesehatan.

Dalam kunjungannya, Utusan Khusus Presiden RI Muhammad Lutfi juga melaksanakan pertemuan dengan Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Samoa, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi dan CEO Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan.
Muhammad Lutfi meyakini bahwa kerja sama kedua negara akan lebih terbangun dan merekatkan hubungan pemerintah dan masyarakat kedua negara. (nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *