Pemerintah Target Kemiskinan di Bawah10 persen

Melalui Peningkatan Anggaran Bansos

JAKARTA – Peningkatan jumlah bantuan sosial yang digalakkan pemerintah pada tahun 2018 ini diharapkan bisa menekan angka kemiskinan di Indonesia. Presiden Joko Widodo menergetkan, angka kemiskinan bisa turun di bawah angka 10 persen.

“Ya saya sampaikan harus turun. Harus turun di bawah 10 persen, harus turun. Angkanya berapa, harus turun di bawah 10 persen,” kata Presiden Jokowi usai menyerahkan KIP, PKH, dan Bantuan Sosial Pangan Rastra, di Lapangan Dr. Murjani, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (26/3).

Berdasarkan data terakhir yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) September 2017 lalu, penduduk miskin di Indonesia masih diangka 10,12 persen atau sekitar 26,58 juta orang dari total penduduk Indonesia. Jumlah itu hanya turun 0,52 persen dibandingkan angka pada maret 2017 yang mencapai 10,64 persen atau 27,77 juta orang.

Presiden optimis, hal itu bisa terealisasi. Mengingat sejumlah program sudah dinaikkan anggarannya. Mulai dari Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Beras Sejahtera, Padat Karya Tunai, hingga bantuan pangan non tunai (BPNT). “Nanti tahun depan akan diajukan untuk PKH ini bisa dinaikkan, karena memang banyak keluarga-keluarga yang sangat membutuhkan,” tuturnya.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 27/3  (far)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *