Pemprov Diminta Fokus Ketersediaan Pangan

Yan P. Mandenas

JAYAPURA-Ketua Komisi V DPR Papua, Yan P. Mandenas mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Papua tidak memiliki fokus terhadap ketersediaan pangan di Papua, yang mana masyarakat hanya dapat berharap dari pada bantuan beras, seperti Rastra (beras sejahtera).

“Saking tingginya kebutuhan akan Rastra, oknum kepala distrik dan kepala kampung  dikhawatirkan memperjualbelikan Rastrakin. Sebab, hal inilah yang saya temui ketika berkunjung ke Biak, dimana Rastra diperdagangkan di kios-kios Sembako,” ungkap Mandenas kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (24/3) lalu.

Mandenas berharap Rastra atau yang dulu dikenal dengan Raskin tidak menjadi ketergantungan masyarakat di Papua, melainkan minimal hanya menjadi bagian kecil dibandingkan potensi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat di daerah-daerah.

“Dalam hal ini di daerah pegunungan kita berharap ke depannya disediakan lahan pertanian untuk masyarakat. Sebab, ketika saya mengunjungi daerah pegunungan, masyarakat itu terpaksa harus bertani hingga ke gunung-gunung dan terpaksa pohon-pohon juga ikut jadi korban,” tambahnya.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 26/3   (gra/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *