Status Bupati Omaleng Ditentukan 27 Maret

Pjs Gubernur Papua, Soedarmo saat hendak memasuki Kantor Pusat Pemerintahan didampingi Wabup Mimika, Yohanis Bassang, SE MSi beberapa hari lalu.

TIMIKA – Eltinus Omaleng, SE MH saat ini masih aktif menjabat sebagai Bupati Mimika. Statusnya apakah akan non aktif atau tidak, baru akan ditentukan pada 27 Maret yang dijadwalkan sebagai pembacaan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar terkait sengketa pencalonannya sebagai Bupati Mimika periode 2018-2023 pada Pilkada Serentak 2018.

Pjs Gubernur Papua, Soedarmo yang ditemui di Kantor DPRD Mimika, Kamis (22/3) kemarin mengatakan, sampai saat ini belum ada pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati karena Bupati Omaleng masih aktif. “Tidak ada, pengangkatan Plt belum,” katanya.

Penunjukan Plt kata Soedarmo, tergantung keputusan PTTUN. Dimana Bupati Omaleng sebagai salah satu bakal calon bupati menggugat keputusan KPUD Mimika yang menyatakan dia dan John Rettob tidak memenuhi syarat.

Jika pada putusan oleh PTTUN menyatakan Omaleng, Memenuhi Syarat (MS) maka akan diangkat Plt Bupati yang otomatis dijabat oleh Wakil Bupati Mimika. Tapi kalau putusannya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan tidak bisa mengikuti Pilkada, maka Eltinus Omaleng tetap kembali jadi Bupati. “Nanti kita lihat hasil dari PTTUN, harusnya diputuskan sore ini tapi ternyata diundur tanggal 27 Maret,” tandas Gubernur.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 23/3  (sun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *