Perekaman E-KTP Baru Mencapai 1,4 Juta Jiwa

Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM

JAYAPURA-Jumlah penduduk wajib E-KTP di Provinsi Papua yang melakukan perekaman data E-KTP baru mencapai 1,4 juta jiwa dari sekira 3 juta jiwa lebih penduduk wajib E-KTP.

Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil
Provinsi Papua, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM., mengatakan, masih ada sekira 2 juta lebih warga wajib E-KTP yang belum melakukan perekaman data.

“Salah satu penyebab masih rendahnya jumlah warga wajib E-KTP yang melakukan perekaman data yaitu peralatan perekaman yang terbatas serta tidak didukung dengan SDM yang memadai,” ungkap Ribka Haluk kepada wartawan, Kamis (22/3).

Untuk meningkatkan jumlah warga yang melakukan perekaman E-KTP, Ribka Haluk berharap pemerintah daerah melakukan jemput bola dengan melakukan perekaman di setiap kantor seperti yang dilakukan di Kota Jayapura. “Idealnya perekaman harus ada di distrik,” jelasnya.

Bahkan menurutnya petugas harus mobile dengan cara mendatangi masyarakat di kampung-kampung. “Tidak semua turun ke lapangan untuk melakukan perekaman. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kondisi geografis yang cukup sulit,” tandasnya.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 23/3  (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *