Bulan Depan Panen Perdana Padi di Muara Tami

TANAM PADI: Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., saat melakukan penanaman padi pertama di salah satu petak sawah di Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, 23 Januari 2018 lalu.

JAYAPURA-Tanaman padi yang ditanam pada areal sawah seluas 550 Ha di Distrik Muara Tami, Januari 2018 lalu, rencananya sudah akan dipanen bulan depan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo, SP., MM., mengatakan, dari data statistik luas area tanam di Distrik Muara Tami seluas 600 Ha. Namun yang bisa dilakukan penanaman hanya seluas 550 Ha, dengan panen gabah kering sekira 5 ton per Ha atau   2000 ton lebih untuk areal seluas 550 Ha.

“Panen perdananya direncanakan bulan depan. Namun kami tetap was-was dan cemas jika curah hujan terus menerus. Sebab hal itu bisa memengaruhi kualitas hasil panen padi kita,” ungkap Jean Rollo kepada wartawan, Kamis (23/3).

Jean Rollo mengatakan, apabila panen padi ini bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan menggunakan peralatan yang ada, maka musim panam baru sudah bisa dilakukan pada akhir Mei.

Masyarakat di Distrik Muara Tami diakuinya kebanyakan merupakan petani, sehingga untuk usaha penanaman padi mereka sudah memiliki keahlian.

“Tugas kami pemerintah yaitu membantu apa yang dibutuhkan petani seperti pupuk, lat kerja dan kebutuhan lainnya. Sebab bagaimana pun mereka sudah mendukung program ketahanan pangan di Kota Jayapura,” pungkasnya. (dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *