Bangun Jaringan Internet Berbasis Satelit

Ir. Eddy Rachmat, M.Ma, MM

BIAK-Kebutuhan internet dewasa ini sudah menjadi kebutuhan primer. Tidak hanya sekadar layanan komunikasi, entertainment, tapi juga sebagai layanan pendukung dalam membuka peluang pekerjaan hingga bisnis.

Di Kabupaten Supiori sebagai wilayah terluar bagian Utara Pulau Papua, layanan internet masih menjadi barang mahal. Setidaknya kantor layanan pemerintah perlu melakukan inovasi dalam menjawab kebutuhan internet untuk kebutuhan data.

Dengan demikian tidak ada kesan tertinggal, meski berada pada wilayah terluar. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Supiori, yang kini tengah membangun jaringan internet berbasis satelit bekerja sama dengan Telkom lewat layanan yang disebut Mangoesky. Layanan internet berbasis satelit ini diterima langsung dari provider yang dikirimkan dari satelit kepada pengguna.

Lewat layanan ini kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Ir. Eddy Rachmat, M.Ma, MM saat ditemui di Biak, Kamis (22/3) kemarin mengatakan, pemasangan layanan internet langsung dari satelit ini demi mendukung program instansi tersebut. Selain kebutuhan layanan data, juga bisa menjawab kebutuhan lainnya seperti layanan bursa tenaga kerja online, e-commerce, dan juga kebutuhan internet pada Rumah Kreatif Supiori yang belum lama ini diresmikan oleh Bupati Supiori Drs. Jules F Warikar, MM.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 23/3(il/tho).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *