Pembangunan SDM, Pemberdayaan Ekonomi dan Infrastruktur Jadi Prioritas

Bupati Costan Oktemka, SIP  saat memberikan arahan pada pembukaan Musrenbang

 

Dari Pembukaan Musrenbang Tahun 2019 Kabupaten Pegubin

OKSIBIL_Bupati Pegunungan Bintang Costan Oktemka, SIP meminta jajarannya untuk memberikan perhatian serius dalam musyawarah rencana pembangunan daerah (Musrenbangda), terutama menyangkut  aspek keterpaduan dan penentuan skala prioritas program atau kegiatan strategis mendasar yang akan ditangani pada tahun anggaran 2019.

  Menurut Bupati Costan, dalam perencanaan program ini harus  disesuaikan dengan kemampuan daerah dalam pembiayaan berbagai program dan kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan daerah. Hal itu dilakukan dengan memperhatikan pembiayaan alokasi anggaran yang dapat disediakan pada tahun anggaran 2019, dengan menggunakan asumsi kemampuan fiskal anggaran tahun 2018.

  “Program SKPD pada tahun 2019, kebijakan anggaran pembangunan daerahnya  lebih banyak diarahkan untuk pembangunan di wilayah distrik, dengan fokus pada Pembangunan sumber daya manusia, Pemberdayaan ekonomi rakyat dan Pembangunan insfrastruktur sosial dasar.” Ujar Bupati Costan saat membuka kegiatan Musrenbangda dan Rencanan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Kukding Oksibil, Selasa (20/3).

  Lebih lanjut bupati mengungkapkan bahwa bahwa Musrenbang ini, dalam rangka menyelaraskan program dan kegiatan SKPD kabupaten dengan berdasarkan usulan kegiatan hasil Musrenbang tingkat distrik, serta untuk mempertajam indikator, target kinerja program dan kegiatan SKPD sesuai tugas dan fungsi SKPD dan menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD.

  Selain itu, lewat Musrenbang ini diharapkan ada optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah dengan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas. Hal ini harus  berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing SKPD terutama untuk mendukung renja SKPD, diprioritaskan pada fungsi pelayanan dasar pemerintahan daerah seperti bidang pendidikan, kesehatan, sarana prasarana dan dukungan kegiatan ekonomi masyarakat di wilayah Pegunungan Bintang Tahun 2019 mendatang.

  “Hal yang   harus menjadi perhatian bersama dalam musyawarah pembangunan daerah ini adalah adanya aspek keterpaduan dan penentuan skala prioritas program atau kegiatan strategis mendasar yang akan ditangani pada tahun anggaran 2019, yang disesuaikan dengan kemampuan daerah dalam pembiayaan berbagai program dan kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan daerah.

   selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 22/3 (Humas PB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *