Bangun Infrastruktur,  Ekonomi  Papua akan Tumbuh

Drs. Elia Loupatty, MM.,

JAYAPURA- Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Provinsi Papua, Drs. Elia Loupatty, MM., mengatakan bahwa pembangunan jalan, jembatan dan sungai sudah terintegrasi, yang  dipastikan akan memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Papua.  Pembangunan inilah yang menjadi perhatian pemerintah, khususnya di wilayah pegunungan.

“Sebaliknya kalau tidak ada pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan pelabuhan laut, maka hasil produksi masyarakat dari satu daerah yang dijual ke daerah lainnya otomatis akan mahal, salah satunya dikarenakan biaya distribusi yang hanya menggunakan pesawat,” ungkap Elia Loupatty kepada Cenderawasih Pos, Rabu (21/3).

Loupaty mengatakan, hal ini menyusul adanya pendapat dari sebagaian masyarakat di luar Papua yang beranggapan bahwa pembangunan jalan, jembatan, serta pelabuhan laut di Papua hanya sia-sia karena tidak adanya tidak signifikannya perekonomian di daerah.

“Artinya kita semua harus melihat secara baik, sehingga tidak terburu-buru memberikan pendapat. Orang akan lihat jika dibangun infrastruktur jalan, jembatan, dan pelabuhan laut, maka akan melahirkan pertumbuhan ekonomi, terutama dari hasil bumi yang diperoleh, sehingga akan sangat menolong,” tambahnya.

Hal ini perlu diskusi antar instansi bidang produksi, sehingga ketika instansi tersebut mengetahui pembangunan infrastruktur jalan yang dibangun, maka segala sesuatunya dapat dipersiapkan dengan baik, khususnya yang berkaitan dengan marketing hasil produksi masyarakat.

“Kalau koordinasi dilakukan dengan baik, saya percaya hasil produksi sebagian besar masyarakat lokal asli Papua di seluruh wilayah adat akan cepat terdistribusi di pasar,’’imbuhnya. (gra/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *