Hengky Pilih Memaafkan dan Merangkul

DR Hengky Kayame SH MH

JAYAPURA – Insiden pengrusakan mobil milik bupati incumbent Kabupaten Paniai, DR Hengky Kayame SH MH yang dilakukan oleh massa pendukung salah satu bakal calon bupati independen pada  Sabtu pekan lalu ditanggapi dingin oleh Hengky Kayame.

  Kepada wartawan di Jayapura ia mengatakan tak ingin memperpanjang persoalan pengrusakan mobilnya tersebut. Ia memilih memaafkan karena menganggap hal tersebut lebih bijak ketimbang harus ngotot yang akhirnya tak menyelesaikan masalah.

Ia menceritakan bahwa kejadian tersebut terjadi siang hari, ketika dirinya hendak berangkat ke Deiyai. Dalam perjalanan, mobilnya dihentikan oleh kendaraan lain lalu tiba-tiba muncul sekelompok orang yang langsung melempari mobilnya. Lemparan pertama mengenai kaca bagian belakang dan pecah, setelah itu massa semakin tak terkontrol  dan mulai menghancurkan bagian depan mobil.

   “Itu dilakukan oleh massa pendukung kandidat calon bupati independen yang sementara masih menunggu keputusan Mahkamah Agung. Saat itu saya ingin ke Deiyai dan karena cuaca bagus saya pakai mobil pribadi dan sampai di tengah jalan saya dihadang lalu diancam oleh massa.  Saya tak tahu persoalan dan setelah dicegat mereka lalu merusak,” kata Hengky di Jayapura.    

Setelah dihadang, ia bersama dua masyarakat yang berada di dalamnya memilih keluar, setelah itu aksi pengrusakan dilakukan. Hengky mengaku melihat jelas aksi pengrusakan mobilnya namun ia memilih tak bertindak.

“Saya menganggap ini anak-anak yang sedang marah dan sulit dikontrol namun ingin didengar. Saya menyadari bahwa jika saya mau bisa saja saya melakukan pembalasan karena pendukung saya juga tak terima, tapi untuk apa kalau akhirnya Paniai tak kondusif. Saya tak mau menciptakan situasi itu,” jelasnya.

  Pria yang mengantongi gelar doktor dari Uncen ini menyebut tak ingin berniat jahat, tak ingin menyimpan dendam namun tetap menyampaikan agar para pelaku harus bertobat atas apa yang dilakukan. “Memang disayangkan tapi untuk apa saya ngotot,” bebernya.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi Selasa, 20/3  (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *