Pilkada, Papua Masih Sangat Kondusif

Kombes Pol Yakobus Marjuki

JAYAPURA- Wakapolda Papua, Kombes Pol Yakobus Marjuki, menyampaikan bahwa dalam masa penyelenggaraan Pilakda di Papua, sejauh ini kondisi Papua masih sangat kondusif. Demikian jika dibandingkan dengan Pilkada pada tahun-tahun sebelumnya, unjuk rasa yang dilakukan sejauh ini sangat kecil.

“Pengerahan massa juga sangat kecil, karena konsep Polda Papua melalui Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar, mengedepankan tindakan preventif. Sementara penegakkan hukum merupakan jalan terakhir yang diambil, yang mana upaya komunikasi, dialog, dan mufakat, dilakukan demi tercapainya Pilkada Papua yang aman, nyaman, dan damai,” ungkap Wakapolda Papua, Kombes Pol Yakobus Marjuki, Sabtu (10/3).

Menurut Marjuki, terdapat penilaian dari pusat terkait potensi konflik Pilkada Papua yang sama dengan di Jawa Barat dan Kalimantan Barat, yang mana cukup tinggi potensi konfliknya. Namun melihat kondisi dan situasi Papua saat ini, dinilai sangat kondusif.

“Unjuk rasa dan pengerahan massa memang tidak dibenarkan dalam menyelesaikan konflik. Kalau massa lawan massa, tentu terjadi konflik, sehingga menyikapi hal ini sangat kami butuhkan dukungan masyarakat bersama. Penggunaan senjata juga telah diwanti-wanti Kapolda dari jauh hari, yang mana digunakan ketika terdapat oknum yang juga bersenjata. Di luar hal tersebut, penggunaan senjata tidak diindahkan, sehingga hanya diberikan khusus bagi perwiranya saja,” jelasnya.

Marjuki menilai kondusifitas yang terjadi di Papua sejauh ini tidak lain karena sinergitas dengan TNI yang cukup solid. Belum lagi Kapolda Papua yang mengedepankan sinergitas dengan seluruh stakeholder, seperti tokoh masyarakat dan tokoh agama agar tercapainya kedamaian.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi Jumat (16/3)  (gra/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *