Papua Peringkat II Kerukunan Beragama di Indonesia

JAYAPURA-Kerukunan antar umat beragama di Provinsi Papua sangat tinggi. Bahkan pada tahun 2017, dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, Papua berada di urutan kedua dalam menjaga toleransi antar umat beragama.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama, Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph.d., mengakui bahwa kerukunan antar umat beragama di Papua sangat tinggi, dimana semua agama saling menghormati satu sama lain.

Prof. Abdurrahman Mas’ud mengatakan, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI memiliki kriteria yang sangat spesifik dalam memberikan penilaian kepada daerah yang mampu mewujudkan dan menjaga kerukunan dalam beragama.

Untuk itu, pemberian penghargaan kepada Provinsi Papua yang berada di urutan dua, merupakan sebuah apresiasi yang sangat tinggi atas kerukunan umat beragama di tanah Papua.

“Penilaian dari pusat terkait kerukunan ini dilakukan survey di lapangan kemudian melihat kondisi secara nyata di Papua, apakah dalam keadaan aman dan damai. Penilaian ini menjadi kriteria serta dijadikan dasar bahwa Provinsi Papua layak diberikan penghargaan dengan menduduki peringkat dua, di bawah Nusa Tenggara Timur yang menempati posisi puncak,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos usai menghadiri Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda mahasiswa Pascasarjana (S2) Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura, Kamis (15/3).

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi Jumat (16/3) (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *