Tahun ini, Lebih Rp 104 Miliar Dikucurkan di 14 Kampung

  JAYAPURA-Total dana yang diberikan ke 14 kampung se-Kota Jayapura, yang bersumber dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa(ADD) dan Dana Bagi Hasil tahun 2018 jika ditotalkan ada sekitar Rp 104 miliar. Jumpah itu mengalami peningkatan yang cukup siginifikan dibanding di  tahun 2017 lalu hanya sekitar Rp 58 miliar.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura Adolf Siahay mengatakan, memang total dana yang diberikan di kampung tahun ini mengalami peningkatan yang cukup siginifikan, ini sebagai salah satu perhatian pemerintah pusat dan Pemkot Jayapura dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pembangunan di kampung. Karena saat ini, masyarakat kampung sudah menjadi subyek pembangunan sehingga semua pembangunan dilakukan mulai dari tingkat kampung sebagai landasan nawacita Presiden RI.
‘’Total dana itu terdiri dari DD lebih Rp 18 miliar, ADD lebih Rp 68 miliar dan Dana Bagi Hasil lebih Rp 17 miliar jika ditotal lebih Rp 104 miliar,” ucapnya kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/3) kemarin.
     Menurut Adolf, dari total dama tersebut memang pengalokasian penggunaan dananya berbeda-beda, ada untuk pembangunan infrastruktur, ekonomi pemberdayaan masyarakat, kesehatan, pendidikan dan lainnya termasuk dalam pembayaran gaji Kepala Pemerintahan Kampung(KPK), Bamuskam dan lainnya. Sehingga dengan gelontoran dana yang begitu besar di kampung-kampung, tentunya bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di kampung-kampung.
    Hal lain yang juga diingatkan Adolf, walaupun dana yang diberikan ini besar, namun soal pertanggungjawaban tetap harus sesuai dengan aturan, tepat waktu.
      Diakuinya untuk penyaluran DD tahun 2018 saat ini belum ada kampung yang menerima, karena untuk SPJ tahun 2017 tahap kedua memang belum ada yang menyerahkan dan BPKAD juga sudah berikan batas waktu hingga bulan maret ini, supaya pada bulan april ini bisa dicairkan.(dil).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *