Regulasi Sampah Jangan Hanya Tulisan

Abisai Rollo

Abisai Rollo

JAYAPURA-Ketua DPR Kota Jayapura, Abisai Rollo meminta agar regulasi yang sudah disahkan oleh Pemkot perlu ditegakkan. Jika ada sebuah aturan maka dipastikan ada konsekwensi atau sanksi yang melekat.

Hanya selama ini Abisai Rollo melihat hampir tak ada sanksi yang diberikan dalam rangka penegakan tersebut. “Kalau saya lihat seperti itu, seharusnya jika ada Perda maka pasti ada konsekwensinya nah aturan ini harusnya ditegakkan,” kata Abisai Rollo Rabu (14/3) kemarin.

Ia mencontohkan Perda nomor 14 tahun 2011 tentang kebersihan dimana yang terjaring bisa dikenakan sanksi denda.  Namun hingga kini disinyalir masih ada warga yang melanggar namun belum kelihatan proses hukumnya.  Kalaupun ada yang diikutkan dalam sidang ini bila terjaring dalam operasi Yustisi, tak memiliki tempat sampah di dalam kendaraannya. Namun soal waktu pembuangan sampah bagi warga kota mulai pukul 06.00 WIT hingga 16.00 WIT dimana selain waktu tersebut tak boleh ada aktifitas pembuangan sampah ke titik yang ditentukan.

Namun dikatakan aturan inilah yang perlu diawasi. Abisai Rollo terlihat sedikit geram dengan masalah sampah di Jayapura. Pasalnya selama ini  Kota Jayapura merupakan satu kawasan penghasil sampah terbesar.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 15/3 (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *