Honorer K2 Tetap Harus Tes CPNS

Kaji kemungkinan prioritas tenaga honorer jadi CPNS

JAKARTA –  Harapan guru honorer kategori 2 (K2) untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) makin terbuka lebar tahun ini. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) akan memprioritaskan rekrutmen CPNS untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Terbuka kemungkinan untuk memprioritaskan K2 sebagai CPNS meskipun tetap harus lewat tes.

            Menteri PANRB Asman Abnur menuturkan mereka sedang mendata lagi honorer K2 bekerjasama dengan Kemendikbud. Lantaran dari laporan yang masuk, ada honorer K2 yang semestinya sudah diangkat tapi ternyata digantikan oleh orang lain. Termasuk pula menginventarisasi terlebih dahulu tenaga honorer K2 yang belum diangkat itu masih mengajar di sekolah atau tidak.

            ”Baru kita putuskan setelah nanti data konkritnya nanti kita dapat. Kita tidak bisa bicara dulu ke kebijakannya. Tapi saya fokus dulu ke data,” ujar Asman usai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, kemarin (14/3).

            Pada penerimaan CPNS tahun lalu, KemenPAN RB punya kebijakan untuk memprioritaskan warga dari lulusan cumlaude dan warga Papua untuk menjadi PNS di kementerian dan lembaga. Khusus untuk warga Papua itu tidak menggunakan penilaian passing grade tapi kita pakai sistem ranking. ”Nah kita berharap nanti anak-anak papua yang bisa masuk-masuk ke PNS tentu kita latih dengan model baru,” kata Asman.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 15/3  (jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *