Penetapan DPS Masih di Tingkat Kabupaten

JAYAPURA- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Izak Hikoyabi, mengatakan proses penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) masih berlangsung di tingkat kabupaten dan distrik.

  Hal ini dilakukan secara bertahap, yang mana dari tingkatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk kemudian diserahkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), agar selanjutnya dapat direkap di tingkat Panitia Pemilihan Distrik (PPD).

  “Di tingkat PPD, dilakukan rekap secara keseluruhan agar naik satu tingkat lagi untuk ditetapkan dalam Pleno Kabuapten, yang mana dihadiri oleh seluruh PPD-nya. Dari situ barulah akan ditetapkan di tingkat Provinsi, yang mana diperkirakan akan berlangsung per 16 Maret mendatang,” kata Izak Hikoyabi kepada Cenderawasih Pos, Selasa (13/3) kemarin.

   Berkaitan dengan kabar penyelesaian proses DPS yang tinggal menyisakan tiga kabupaten, yakni Intan Jaya, Puncak, dan Paniai, Hikoyabi meyebutkan bahwa KPU Papua memang belum menerima data riilnya.

   “Tapi secara keseluruhan proses DPS sudah mau selesai di tingkat kabupaten dan kota, sehingga per 16 Maret nanti akan ditetapkan di tingkat Provinsi,” tambahnya.

   Ditanya terkait penggelembungan suara, diungkapkannya bahwa memang terdapat potensi naik dan turunya dalam DPS, meskipun hal tersebut sudah menjadi tugas KPU dalam pemutakhiran data.

  “Kalau hari ini kita bilang turun jumlahnya, sebaliknya nanti pada saat dikerjakan, hal tersebut dapat naik. Demikian potensi naik dan turun itu memang bersifat normatif dalam penurunan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan DPS. Dapat ditemukan di satu Tempat Pemilihan Suara (TPS) jumlahnya berkurang 2 persen dari jumlah pemilih di setiap TPS yang ada, namun bisa juga naik 2 persen,” pungkasnya. (gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *