Budaya Lembah Baliem Harus Diangkat dan Dilestarikan

Asisten II Sekda Jayawijaya Yohanes Katoleng saat memasangkan tanda peserta pelatihan tari kreasi dan vocal grup lagu etnik Jayawijaya, Senin, (12/3).

WAMENA–Guna mengangkat dan terus melestarikan budaya Lembah Baliem, puluhan pelatih kesenian dari berbagai sanggar seni maupun sekolah dan perguruan tinggi di Jayawijaya, Senin (12/3) mengikui pelatihan tari kreasi dan vocal grup lagu etnik Jayawijaya yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayawijaya.

Asisten II Setda Jayawijaya, Yohanes Katoleng saat membuka pelatihan tersebut mengatakan, melalui pelatihan seperti ini diharapkan tersedianya tenaga-tenaga terampil berjiwa seniman dalam kreasinya serta dapat menciptakan kreasi tarian dalam nuansa kearifan lokal masyarakat Jayawijaya untuk terus mengangkat budaya asli Lembah Baliem.

“Kami harap para pelatih seni yang dihasilkan nantinya akan kembali ke sanggar dan sekolahnya masing-masing, untuk mempersiapkan diri mengikuti festival seni kreasi yang akan dilaksanakan April nanti,”ungkapnya usai membuka pelatihan.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi Selasa 13/3 (jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *