Berpotensi Hujan  Hingga Akhir Maret

Prakirawan BBMKG Wilayah V Jayapura, Septiana Monicasari, saat memberikan keterangannya, di ruang kerjanya, Senin (12/3) siang kemarin.

JAYAPURA – Curah hujan yang cukup deras hingga menyebabkan sejumlah titik terendam banjir, bahkan sebagian mengalami longsor dalam beberapa hari terakhir ini, nampaknya masih perlu diwaspadai oleh masyarakat di wilayah utara Papua, termasuk di Kota Jayapura. Pasalnya, dari prakiraan cauaca dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura, potensi hujan ini masih akan berlangsung hingga akhir Maret ini.

  Menurut Prakirawan BBMKG Wilayah V Jayapura, Septiana Monicasari, cuaca ekstrem yang belakangan terjadi di Kota Jayapura dan sekitarnya,   terjadi  karena adanya belokan angin yang biasa disebut dengan shearline di wilayah utara Papua. Kondisi ini juga didukung dengan  suhu muka laut yang cukup hangat, yang berpotensi memicu pertumbuhan awan – awan hujan di sekitar Papua.

  “Berdasarkan pola angin atau Peta Gradien Level Wind Analysis pada tanggal 12 Maret 2018 pukul  09:00 WIT terdapat belokan angin (shearline) di atas wilayah Papua bagian utara, hal ini menyebabkan munculnya awan-awan konvektif di Papua bagian utara,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (12/3) kemarin di tempat kerjanya.

  Dirinya juga menjelaskan berdasarkan Peta Sea Surface Temperature (SST) atau suhu pada permukaan laut pada tanggal 28 Februari 2018 terlihat suhu muka laut positif mengindikasikan kondisi suhu permukaan laut (Sea Surface Temperature) hangat yang mengakibatkan suplai uap air cukup banyak.

  “Ini juga didukung dengan adanya suplai uap air yang cukup banyak akibat kondisi permukaan laut yang cukup hangat,” katanya.

  Septiana Monicasari menambahkan jika musim hujan ini masih akan berlangsung hingga akhir bulan Maret ke  depan.  “Sedangkan untuk perkiraan cuaca untuk 3 hari ke depan umumnya wilayah Kota Jayapura masih mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang dan malam hari,” ungkapnya. (eri/cepos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *