Cegah dan Tanggulangi HIV, KPA Punya 4 Strategi

BICANG-BINCANG- Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Papua, Constant Karma sedang berbicang bersama Ketua Komisi III DPR Papua, Carolus Bolly, dalam suatu kegiatan di Swiss-BelHotel beberapa waktu lalu.

JAYAPURA-Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Papua, Constant Karma, mengatakan KPA umumnya memiliki empat strategi dalam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Indonesia, khususnya di Papua.

  Empat strategi tersebut,  diantaranya adalah promosi bahaya HIV, tindak pencegahan, dukungan perawatan dan pengobatan, serta pemberdayaan Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Promosi bahaya HIV sendiri dilakukan, baik secara langsung maupun menggunakan media sebagai sumber penyampaian informasi, yang mana KPA memiliki slogan.

   “Informasi yang benar, tepat, dan terus menerus adalah awal pencegahan HIV.” Dari slogan inilah KPA Papua kembangkan kepada kmponen masyarakat, termasuk di sekolahan.

“Yang kedua adalah pencegahan, yang mana terdapat empat komponen dalam pencegahan ini, salah satunya adalah kita perluas tes HIV dan konseling karena tes HIV membutuhkan konselor dalam melakukan konseling terhadap masyarkat berperilaku beresiko yang hendak melakukan tes HIV,” ungkap Karma kepada Cenderawasih Pos, Minggu (4/3) lalu.

  Pencegahan lain adalah treatment, yang mana pengobatan Antiretroviral (ARV) diberikan bagi mereka yang telah dinyatakan positif HIV, supaya tidak menularkan virus HIV di dalam tubuhnya kepada orang lain.

  Sementara itu, kondom juga penting bagi pencegahan penularan HIV, meskipun diketahui banyak orang mengomentari perihal kondom ini, tetapi KPA Papua akan tetap mengkampanyekan kondom, yang dilakukan bagi mereka yang nekad dalam melakukan hubungan seks beresiko.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 12/3 

(gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *