John Wempi Blusukan ke Pabrik Kopi Wamena

Calon gubernur Papua nomor urut 2, John Wempi Wetipo, SH, MH, saat blusukan ke Pabrik Kopi Wamena, Kamis, (8/3) (foto: Dok)

WAMENA- Dalam masa kampanye dialogis Pilgub Papua 2018, calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo (JWW) melakukan blusukan ke Pabrik Kopi Baliem Arabica di Kampung Yagara, Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya.

JWW melihat dari dekat komoditas kopi yang menjadi unggulan di kabupaten tersebut. Apalagi salah satu poin dalam visi misi yang diusung pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae atau yang  biasa disapa sebagai pasangan Josua adalah peningkatan ekonomi kerakyatan.

John Wempi Wetipo berharap Kopi Arabika Wamena yang telah ditanam turun menurun oleh masyarakat Wamena, menjadi komoditas yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Wempi Wetipo menilai masalah kopi menjadi budaya masyarakat Baliem. Menanam kopi bagi masyarakat Wamena, tidak dilakukan saat ini saja, tetapi sudah dilakukan berpuluh tahun lamanya yang dibawa oleh Missionaris Belanda.

Beruntung, salah satu putra asli Papua terbaik, Maximus Lany dididik oleh Starbuck, salah satu nirlaba kopi asal Amerika Serikat, untuk menjadi petani kopi unggulan.

“Kualitas Kopi Wamena berbeda dengan kopi daerah lain, dimana Kopi Wamena tidak dipanen dengan sistem sisir, tetapi memilih biji yang sudah merah atau masak. Dengan cara panen itulah Kopi Wamena bisa mempertahankan kualitasnya,” kata Wempi, Kamis, (8/3).

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi Jumat,  9/3  (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *