Lanny Jaya Mulai Terapkan Siskeudes

Sekda Lanny jaya Christian Sohilait membuka pelatihan Siskeudes

Dalam Pemanfaatan dan Pengawasan Dana Desa

WAMENA – Untuk mendukung  program pengembangan masyarakat dan  pengawasan pemanfaatan dana desa/kampung di Kabupaten Lanny Jaya, Pemkab Lanny Jaya  menggelar pelatihan penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskaudes). Pelatihan ini diberikan kepada  36 aparatur di lingkungan Dinas Pemberdayaan masyarakat Kampung. Pelatihan ini juga melibatkan  pemateri dari Badan pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Papua.

  Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait mengakui pelatihan ini memang harus dilaksanakan bagi aparatur yang pemerintahan yang mengatur kampung. Hal ini  seiring dengan kebijakan Bupati Lanny Jaya yang terus mendorong program pengembangan masyarakat lewat Lanny Jaya Sehat dan Lanny Jaya Sejahtra lewat dana Otsus.

  “Penggunaan Siskeudes oleh para aparat kepala pemerintahan kampung (KPK)  ini  untuk membantu kita pemerintah Kabupaten Lanny Jaya,  dari hasil evaluasi sistem aplikasi yang dibuat oleh BPKP itu yang sekarang dipakai untuk seluruh Indonesia,”ungkap Christian Sohilait  di Wamena, Selasa (6/3).

  Untuk pencapaian di Kabupaten Lanny Jaya saat ini, kata Christian Sohilait, memang masih rendah sehingga dengan aplikasi ini mendorong pemerintah Lanny Jaya untuk melakukan pelatihan tahap pertama.  Ia juga menekankan jika hal -hal yang seperti ini memang tidak boleh menjadi Pilot Project, tapi  harus dilakukan secara massal bagi seluruh aparat kampung.

  “Jadi karena kita baru mulai,  maka  setelah selesai  nanti kami akan  atur lagi untuk melakukan pelatihan secara massal dengan  melibatkan kepala kampung , saat ini peserta pelatihan hanya dari DPMK, Inspektorat, beberapa kepala dan sekretaris kampung,” katanya.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 7/3 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *