Ukiran dan Tarian Papua Berpotensi Jadi Warisan Dunia

Titus Pekei

JAYAPURA-Ketua Yayasan Noken Papua, Titus Pekei mengatakan, setelah noken ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dan mendapat pengakuan dunia dari Unesco, sejatinya masih ada beberapa barang atau bentuk budaya asal Papua yang bisa didorong guna mendapatkan pengakuan serupa.

Titus menyebut segala tarian, ukiran, lukisan, permainan tradisional lalu tadi perang. Bahkan flora dan fauna menurutnya bisa didorong menjadi warisan dunia asal ada kajiannnya.

“Peluang sangat terbuka dan semenjak noken ditetapkan saya sampaikan ke publik bahwa lukisan di atas kulit kayu bisa didorong, lalu Raja Ampat, Danau Paniai, Tigi dan Tage. Tapi ini butuh kajian penelitian melalui pemerintah, tokoh dan komponen masyarakat. Tarian Papua dan ukiran Papua juga bisa,” jelas Titus kepada Cenderawasih Pos pekan kemarin.

Namun Titus melihat pemahaman ini hingga kini baik masyarakat maupun penentu kebijakan belum memikirkan hal tersebut. Padahal kata Titus ini belum terlambat jika dianggap perlu dan penting. “Tari Cenderawasih itu bagus asal ceritanya bisa diceritakan. Lalu lainnya adalah lukisan kulit kayu maupun ukiran,” jelasnya.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 2/3 (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *