Media Harus Turut Ciptakan Pilkada Damai

Mayjen TNI (Purn) Soedarmo saat berkunjung ke Redaksi Cenderawasih Pos di Gedung Graha Pena Papua, Kamis (1/3) sore kemarin.

Pjs Gubernur: Jangan Tulis Berita Hoax

JAYAPURA- Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo menyebutkan Pilkada merupakan tanggung jawab semua pihak, bukan hanya dari pihak pemerintah semata ataupun dari penyelenggara, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu,  maupun aparat keamanan saja,  melainkan juga tanggung jawab media massa.

   “Dukungan media paling tidak mencegah dengan tidak memberitakan berita-berita yang sifatnya Hoax, berita yang menyerang salah satu pasangan atau bahkan mengadu domba. Karena bukan zamannya lagi media memuat berita yang seperti itu, membesar-besarkan suatu pemberitaan,” ucap Mayjen TNI (Purn) Soedarmo saat menyambangi Redaksi  Cenderawasih Pos, Kamis (1/3).

   Menurut Soedarmo, agar penyelenggaraan Pesta demokrasi di Papua dalam hal pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta  Calon Bupati dan Wakil Bupati  tetap aman dan damai, dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengundang masing-masing pasangan calon yang akan bertarung beserta Tim Sukses dan Tim pendukung serta Forkopinda untuk duduk bersama.

  “Sekalipun sudah membuat deklarasi damai, saya  harap deklarasi bukan sebatas seremoni belaka suatu kewajiban yang harus dipenuhi melainkan bagainana para calon ini  memiliki komitmen untuk menerapkan apa yang telah dideklarasikan sebelumnya. Kita tuntut para  pasangan calon dan tim pendukungnya agar membangun komitmen untuk melaksanakan isi dari deklarasi itu,” tegasnya.

  Pihaknya mengimbau agar  Calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta Calon Bupati dan Wakil  Bupati  di Papua siap kalah dan siap menang. Sebagaimana ajang sepak bola yang merupakan sebuah kompetisi, dengan tidak menggunakan fenomena kalah membuat kegaduhan dan menang bereuforia.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 2/3  (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *