Kanker Serviks Pembunuh Nomor Satu Perempuan

KANKER SERVIKS: Sejumlah ibu-ibu saat mengikuti sosialisasi dan pelayanan pap smear gratis yang digelar  DPPPA-KB Kota Jayapura di kantor BKKBN Provinsi Papua, Kamis (1/3)

JAYAPURA-Berdasarkan data WHO, kanker serviks menjadi pembunuh atau penyebab kematian tertinggi pada kaum perempuan di dunia dan Indonesia merupakan negara tertinggi di dunia terkait kanker serviks.

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Kota Jayapura, Arif Dwi Darmanto mengatakan dari data Yayasan Kanker Indonesia, untuk wilayah Papua pada tahun 2016, di Kota Jayapura terdeteksi lebih dari 569 kasus kanker serviks.

“Terkait hal ini, sebagai kado ulang tahun Kota Jayapura, Pemkot Jayapura memberikan pelayanan pap smear secara gratis bagi kaum perempuan di Kota Jayapura,” ungkap Arif Darmanto saat mewakili Wali Kota Jayapura membuka  sosialisasi dan pelayanan pap smear gratis yang digelar  DPPPA-KB (Dinas Pemperberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Kota Jayapura di kantor BKKBN Provinsi Papua, Kamis (1/3).

Dikatakan, Pemkot Jayapura telah berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan berupaya mengajak masyarakat agar dapat memehami bahaya kanker servisks melalui pemeriksaan pap smear sehingga pemerintah dapat menekan angka kematian perempuan akibat kanker serviks di Kota Jayapura.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 2/3 (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *