Angka Lakalantas Tertinggi di Kota Jayapura

SEMATKAN PITA: Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yacobus Marzuki saat menyamatkan pita tanda operasi pada apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Matoa 2018 Polda Papua di Lapangan Mapolda Papua, Kamis (1/3).

*Periode Januari-Februari, 11 Nyawa Melayang Akibat Lakalantas

JAYAPURA-Angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Kota Jayapura tertinggi dibanding daerah lain di Provinsi Papua. Dari data Direktorat Lalu Lintas Polda Papua, sepanjang Januari hingga Februari 2018 tercatat 49 kasus Lakalantas yang terjadi di Kota Jayapura yang merupakan wilayah hukum Polres Jayapura Kota.

Dari 49 kasus Lakalantas tersebut, 11 orang meninggal dunia, 33 orang luka berat dan 36 orang mengalami luka ringan (data lengkap lihat grafis).

“Penyebab kecelakaan akibat pengemudi dipengaruhi minuman keras dan dari segi edukasi kebanyakan tingkat kemahiran dalam berkendaraan sangat minim terutama  yang membawa kendaraan roda empat,” ungkap Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Papua, Kombes Pol. M. H Ritonga usai apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Matoa 2018 Polda Papua di Lapangan Mapolda Papua, Kamis (1/3).

Ritonga mengatakan, selain berkendaraan dalam keadaan dipengaruhi minuman keras, masih ditemukan adanya masyarakat yang menggunakan handphone yang mengendarai kendaraan. Dalam aturan brlalulintas, tindakan seperti ini menurut Ritonga tidak dibenarkan. “Untuk itu, kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam mengendarai kendaraan, serta melengkapi diri dengan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK,” pintanya.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 2/3  (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *