Praktik Pungli Terjadi Akibat Rumitnya Birokasi

BAGI SELEBARAN: Anggota Direktorat Binmas Polda Papua membagi selebaran terkait Pungli kepada warga di Pangkalan Ojek Wahno di Jalan Jeruk Nipis, Kotaraja, Distrik Abepura, Rabu (28/2).

JAYAPURA-Munculnya praktek pungutan liar atau Pungli salah satunya disebabkan rumitnya birokrasi dalam pengurusan dokumen atau perizinan. Kasi Ornop Subdit Kerma Dit Binmas, AKP. Marten Tanati mewakili Dir Binmas Polda Papua mengatakan, pemicu lain terjadinya Pungli yaitu masih adanya oknum masyarakat yang ingin mencari jalan pintas dalam mengurus dokumen atau perizinan tanpa melalui prosedur yang sudah ditetapkan.

“Masih adanya oknum warga yang mau cepat selesai tanpa antre serta jalur birokrasi yang rumit, akhirnya seringkali menyebabkan terjadinya Pungli. Padahal hal seperti ini merupakan cikal bakal korupsi dan jika tidak dicegah dikhawatirkan dapat menjadi budaya,” ungkap Marten Tanati kepada Cenderawasih Pos di sela-sela sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar atau Saber Pungli yang dilakukan Direktorat Binmas Polda Papua di Pangkalan Ojek Wahno di Jalan Jeruk Nipis, Kotaraja, Distrik Abepura, Rabu (28/2).

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 1/3 (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *