Kepala Daerah Jangan Pasif Soal Dana Kampung

MASIH LEMAH – Kepala BPMK Papua, Donatus Mote didampingi Staf Ahli Gubernur, Ani Rumbiak ketika memberikan arahan dalam Rakor Provinsi Program Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa tahun anggaran 2018  di Grand Abe Hotel, Rabu (28/2) kemarin.

JAYAPURA Kepala Badan Perencanaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua (BPMK) Donatus Mote meminta agar semua kepala daerah bisa lebih pro aktif merespon dana desa yang tujuannya membangun dari kampung.

Pasalnya dari hasil evaluasi tahun 2017 lalu ternyata ada beberapa hal yang membuat program dana desa ini terlambat. Pertama adalah SK atau Perbup tentang lokasi dan alokasi yang berisinya kampung mana dapat berapa.

“Ini dibuat kemudian dikirim ke Jakarta untuk disahkan. Nah kadang-kadang Perbup ini sangat lama dan waktu terus mepet dari yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Seperti tahun lalu waktu Maret-Juli tahap pertama harus selesai namun kadang Perbup baru keluar pada Juli,” kata Donatus pada pembukaan Rapat Koordinasi Provinsi Program Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa tahun anggaran 2018  di Grand Abe Hotel, Rabu (28/2).

Soal keterlambatan Perbup ini bukan satu-satunya. Kadang dari rekening kas daerah ke kabupaten juga lambat. Lalu ketika uang sudah ditransfer ke kabupaten ternyata kepala dinas juga jarang di tempat sehingga semuanya terlambat.

“Tak hanya itu, masyarakat kampung juga ingin melihat dalam surat itu mereka dapat berapa dan ini juga yang jadi masalah, seperti Dogiyai kemarin. Akhirnya pada akhir Oktober baru cair tahap pertama dan tahan kedua Desember. Karena sudah akhir tahun dan dana tak bisa terserap, akhirnya menjadi SiLPA di daerah,” bebernya.

Mirisnya ada kabupaten yang tahap kedua tak diproses hingga uang menjadi milik negara. “Merauke tahap keduanya tak diproses. Saya sendiri awalnya berpikir Merauke cukup maju ternyata belum bisa merespon baik soal ini karena kurang peduli. Kadinasnya diam, masyarakatnya juga pasif,” imbuhnya.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 1/3  (ade/cr-210/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *