Terapkan Simponi, KKP Tingkatkan Pengelolaan PNBP

SOSIALISASI SIMPONI: Suasana Sosialisasi Sistem Informasi Penrimaan Negara Bukan Pajak Online (Simponi) di wilayah kerja Pelabuhan Laut Jayapura yang digelar KKP Jayapura di Hotel Horison Jayapura, Selasa (27/2) kemarin.

JAYAPURA-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Jayapura menggelar Sosialisasi Sistem Informasi Penrimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Online (Simponi) di wilayah kerja Pelabuhan Laut Jayapura, di Hotel Horison Jayapura, Selasa (27/2) kemarin.

Simponi sendiri merupakan fasilitas sistem informasi yang dibuat oleh Kementerian Keuangan untuk memudahkan penyetoran PNBP. “Artinya Simponi ini memang harus diaplikasikan dan diterapkan, sehingga sistem pembayaran tidak lagi dilakukan secara manual. Sebaliknya secara online melalui aplikasi pendukung Simponi yang telah dibuat oleh Kementerian Keuangan. Dengan harapan hal ini dapat terlaksana secara maksimal, yang mana masalah keterlambatan penyetoran, kekuarangan dan kelebihan setoran, tidak lagi terjadi,” ungkap Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Jayapura, Harold Pical, SKM., M.Kes., kepada Cenderawasih Pos, Selasa (27/2) kemarin.

Harold sendiri tidak khawatir dengan peningkatan sistem dari manual ke online. Terlebih mengingat letak geografis Papua yang berada di paling timur Indonesia, yang mana juga tidak jarang terjadi gangguan telekomunikasi yang terjadi.

“Artinya, hal-hal semacam ini harus diakui ada, tetapi tidak boleh kita gunakan sebagai alasan untuk menghambat. Memang kalau bicara soal alam dan cuaca tidak dapat diprediksi, namun manusia sendiri bisa berupaya untuk melakukan suatu perubahan, terlebih dengan ketersediaan SDM dan peralatan yang dipersiapkan,” tuturnya.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 28/2 (gra/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *