Pemilih Pemula Jangan Pesimis

AYO NYOBLOS-Komisioner KPU, Musa Sombuk menjelaskan tentang pemilih pemula dalam Workshop Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Pemilu yang digelar IJN di Aula SMA Diaspora, Kotaraja, Selasa (27/2).

JAYAPURA – Indonesian Journalis Network (IJN) Papua – Papua Barat tak ingin diam dalam pesta demokrasi Pilkada Serentak 2018 yang segera digelar untuk Papua. Melihat agenda akbar yang hanya dilakukan lima tahun sekali ini, IJN menargetkan bagaimana pemilih pemula bisa ikut berperan aktif dalam menyalurkan suaranya. Meski hingga kini KPU Papua belum memiliki data valid tentang jumlahnya namun kesadaran untuk ikut mencoblos dianggap sesuatu yang penting.

Salah satu Komisioner KPU Papua, Musa Sombuk mengatakan sekalipun belum berusia 17 tahun namun sudah menikah maka yag bersangkutan tetap meiliki hak untuk mencoblos dan secara nasional jumlah pemilih pemula tak bisa dipandang sebelah mata karena ada 20-30 persen adalah pemilih pemula. Meski suka berubah pikiran untuk memilih dan terkesan apatis namun disinilah fungsi sosialisasi.

“Ini sebenarnya momen untuk ikut dalam pembangunan dengan menentukan pilihan. Ingat saat rezim Soeharto itu hanya 3 partai dan kita diwajibkan untuk memilih partai tertentu, tak boleh tidak sehingga saat itu ada ketakutan. Tapi saat ini kita bebas memilih,” kata Musa dalam Workshop Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Pemilu yang digelar IJN di Aula SMA Diaspora, Kotaraja, Selasa (27/2).

Ia meminta agar pemilih pemula tak menumbuhkan sikap apatis yang tak peduli atau bahkan sudah pesimis sebelum mencoblos.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 28/2   (ade/cr-210/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *