Kembangkan Perikanan, Pemkab Yapen Gandeng PT Pernusa

Bupati Yapen Tonny Tesar didampingi Sekda Ir. Alexander Nussy dan Ridwan Zachrie, Direktur keuangan, Umum dan SDM PT. Perikanan Nusantara saat memperlihatkan dokumen MoU yang telah ditandatangani di Jakarta, Senin, (26/2).

SERUI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepuluan Yapen bekerjasama dengan PT. Perikanan Nusantara  untuk pengembangan sistem bisnis perikanan melalui perikanan tangkap dan perikanan budidaya di Kabupaten Kepulauan Yapen. Nota kerja sama itu ditandatangani di Jakarta, Senin (26/2).

PT. Perikanan Nusantara (PT. Pernusa) hadir sebagai bayer/pembeli hasil penangkapan dan budidaya ikan yang akan bekerjasama dengan PT. Yapen Mandiri Sejahtera (PT. Yamase) untuk pengembangan hatchery/pembibitan ikan Baramundi di Kabuena dan Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Papua, terutama para Nelayan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Pembangunan Hatchery di Yapen saat ini masih dalam proses pengerjaan oleh PT. Yamase yang bekerjasama dengan perusahaan Aqua Optima dari Norwegia.

Penyertaan dukungan modal Pemkab Yapen kepada PT. Yamase dialokasikan dalam APBD Tahun 2014/2015/2016, dan telah direalisasikan sebesar Rp 45 miliar dari komitmen seluruhnya Rp 50 miliar.

      Hatchery di Kabuena dapat memproduksi 2.300.000 anakan ikan Baramundi per 3 bulan atau 6.900.000 per tahun segera diselesaikan di akhir tahun 2018 ini.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Tonny Tesar dan PT. Pernusa oleh Ridwan Zachrie, Direktur Keuangan, Umum dan SDM, serta dihadiri oleh Forkompimda Kepulauan Yapen.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 28/2 (rin/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *