Pilkada Papua Harus Aman, Nyaman dan Damai

Suasana Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati 7 Kabupaten di Provinsi Papua, yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Dok II Bawah Jayapura Utara, Sabtu (24/2).

JAYAPURA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menggelar Deklarasi Kampanye Damai, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati 7 Kabupaten di Provinsi Papua, yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Dok II Bawah Jayapura Utara, Sabtu (24/2).

  Tidak tanggung-tanggung, dalam kegiatan ini,  KPU Papua mengundang perwakilan KPU Pusat, Bawaslu Pusat, dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI untuk ikut ambil bagian dalam deklarasi yang dilakukan.

  “Nomor urut 1 dan 2 ini harus memastikan kampanye kita damai tanpa kekerasan dan konflik. KPU RI tidak ingin mendengar terjadinya konflik dalam setiap proses tahapan yang berlangsung dalam Pilkada ini, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten,” ungkap Komisioner KPU RI, Evi Ginting dalam Deklarasi Kampanye Damai, Sabtu (24/2).

  Sebaliknya, kiranya momentum Deklarasi Kampanye Damai ini diharapkan dapat ditanamkan di hati setiap paslon dan para pendukungnya, serta seluruh masyarakat. “KPU lebih mengutamakan kampanye yang dialogis, yang mana dialog antar paslon dan dialog antar tim kampanye dengan masyarakat pemilih, sehingga pesan dari pada visi-misi program yang telah dibuat, bisa dipahami dengan baik,” jelasnya.

  Dengan demikian, masyarakat diedukasi dengan tidak hanya memilih karena nomor urut paslon, melainkan karena visi-misi program yang ditawarkan untuk pembangunan dan kemajuan Papua di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, para paslon bisa menjaga pendukungnya untuk tidak melanggar peraturan kampanye, yang mana telah diawasi juga oleh Panwas dan Bawaslu, sehingga yang diutamakan adalah saling menghargai.

Selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 26/2  (gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *