Sujono Divonis 15 Tahun Penjara

DIPENJARA- Mantan guru honor Sujono (tengah) dikawal polisi usai divonis 15 tahun penjara di PN Kota Timika KlasII, Selasa (20/2) kemarin.

*Kasus Pencabulan Terhadap Mantan Muridnya

TIMIKA- Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika, Senin (19/2) lalu telah menjatuhkan vonis 15 tahun penjara dipotong masa tahanan, kepada Sujono, yang merupakan terpidana dalam perkara tindak pidana pencabulan terhadap anak di bawah umur, yang merupakan mantan siswanya sendiri.

Vonis majelis hakim ini lebih tinggi bila dibandingan dengan tuntutan, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Imelda Simbiak, SH, yang dalam sidang sebelumnya mengajukan tuntutan kepada Sujono, yang merupakan oknum guru honorer disalah satu SMP Negeri yang ada di Kota Timika, dengan pidana 14 tahun penjara.

JPU yang ditemui Radar Timika, Selasa (20/2) kemarin di PN Kota Timika mengatakan, oknum guru cabul tersebut menerima vonis yang telah dibacakan majelis hakim di ruang persidangan.

“Dia (Sujono-red) kalau dari ekspresi wajahnya, kayaknya dia tidak menyangka akan terima putusan seperti itu. Tapi yang jelas dia tetap terima, dan kita diberikan waktu tujuh hari untuk pikir-pikir,”ungkap Simbiak.

Lanjut JPU bahwa dalam putusan majelis hakim PN Kota Timika sendiri, menyatakan Sujono terbukti melakukan tindak pidana pencabulan sebagaimana diatur dalam Pasal 82 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002  tentang Perlindungan Anak yang berbunyi “Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Orang Tua, Wali, pengasuh Anak, pendidik, atau tenaga kependidikan, maka pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1)”.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 21/2 (tns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *