Perilaku Nyampah Sudah Harus Diubah

PUNGUT SAMPAH: Sejumlah komunitas peduli lingkungan yang turun langsung ke Dermaga Abesau Abepura untuk membersihkan ribuan sampah plastik, Sabtu (17/2) kemarin. Perilaku nyampah yang merugikan banyak orang sudah harus ditinggalkan sebelum terjadi musibah.

JAYAPURA-Ribuan sampah botol plastik yang terhampar di sela-sela pepohonan mangrove membuat banyak genangan air berbakteri ditambah dengan tingginya pasokan air limbah dari kawasan perumahan di Abepura membuat lokasi Dermaga Abesauw atau Dermaga Engros yang berada di depan Pasar Youtefa, Abepura mengeluarkan bau tak sedap.

Tak hanya itu ribuan botol sampah ini juga membuat pemandangan tak enak dilihat apalagi ditambah dengan banyaknya orang pesta Miras. Perilaku nyampah dan pesta Miras oleh warga akhirnya melahirkan ketidaknyamanan di lokasi ini.

“Memang tidak mudah untuk mengubah perilaku tapi itu tetap harus dilakukan. Tidak bisa kita menjadi manusia yang suka nyampah terus. Sebab kita tak menggaji siapa-siapa untuk mengangkat sampah itu,” kata Media Champaign Forum Peduli Port Numbay Green (FPPNG) Dian Wasaraka dalam aksi bersih Dermaga Abesauw, Sabtu (18/2).

Selengkapnya Baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi (19/2 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *