Dana Untuk Papua Lebih Kecil Dibanding Provinsi Lain

Ruben Magai

JAYAPURA-Alokasi dana otonomi khusus (Otsus) sebesar 2 persen dari DAU (Dama Alokasi Umum) nasional setiap tahun dikucurkan untuk Provinsi Papua dan Papua Barat, masih lebih kecil bila dibandingkan kucuran dana untuk provinsi lain yang tidak diberikan kekhususan seperti Papua.

Ketua Komisi I DPR Papua, Ruben Magai menilai besarnya alokasi DAU yang diterima provinsi lain meskipun tidak diberikan kekhususan dibanding Papua dikarenakan pembagian DAU berdasarkan jumlah penduduk.

Menurut Ruben Magai, pembagian DAU seharusnya juga mempertimbangkan luas wilayah, faktor geografis, tingkat kesulitan dan tingginya harga barang.

“Kalau berdasarkan jumlah penduduk, kita tahu provinsi lain di Indonesia memiliki jumlah penduduk lebih banyak. Namun jika berpatokan pada luas wilayah, kondisi medan, dan mahalnya harga kebutuhan, tentu Papua lebih dominan,” ungkap Magai kepada Cenderawasih Pos, Kamis (15/2).

Menurutnya, faktor seperti luas wilayah dan tingkat kesulitan, seharusnya menjadi pertimbangan lain pemerintah pusat. Sebab sulitnya akses di Papua menurut Ruben Magai menyebabkan tingginya harga barang dan biaya hidup yang pada ujungnya akan berdampak pada penggunaan anggaran yang besar untuk pelaksanaan pembangunan di Papua dibandingkan daerah lain di Indonesia.(*)

Selengkapnya baca Cenderawasih Pos edisi Sabtu (17/3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *