Hujan Diprediksi hingga Akhir Maret

CITRA SATELIT:Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah V Jayapura, Herlambang Huda didampingi prakirawan cuaca BMKG Wilayah V Jayapura, Esri di ruang Meteorologi Early Warning System BMKG Wilayah V Jayapura, Rabu (14/2). 

JAYAPURA-Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura memprediksi  hujan akan turun hingga akhir bulan Maret 2018.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah V Jayapura, Herlambang Huda mengatakan berdasarkan peta Gradien Level Wind Analysis pada tanggal 14 Februari 2018 jam 00.00 UTC, terdapat belokan angin (shearline) di atas wilayah Papua bagian utara.

“Belokan angin ini menyebabkan munculnya awan-awan konvektif khususnya di Papua bagian utara dan juga berdasarkan peta kelembaban udara, menunjukkan bahwa kelembaban udara berkisar  29-30°C sehingga kondisi suhu permukaan laut (Sea Surface Temperature) hangat. Kondisi ini yang mengakibatkan suplai uap air cukup besar,” ungkap Herlambang saat ditemui Cenderawasih Pos di ruang kerjanya, Rabu (14/2).

Herlambang  juga menjelaskan bahwa berdasarkan analisis Citra Satelit Enhanced, sebaran awan-awan hujan di sekitar wilayah Jayapura bagian utara dan terus meluas selama beberapa hari ke depan.

Dijelaskan bahwa hujan yang terjadi dua hari belakangan ini disebabkan adanya pusat tekanan rendah di wilayah utara Papua. Kondisi ini menyebabkan terganggunya  sirkulasi angin dan juga didukung oleh kondisi suhu permukaan laut yang cukup hangat serta nilai kelembaban yang cukup dingin.

Selengkapnya Baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 15/2  (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *