Penetapan Cagub-Cawagub  Ranah KPU

Ketua Solidaritas Pilgub Papua Isak Chogoyak Giyai (Kanan)  dan anggota saat menyampaikan keterangan pers di Hotel Grend Abe,  Sabtu,  (10/2).

Mathius: Jangan Libatkan Tim Pemenangan, apalagi Bakal Paslon

JAYAPURA-Sesuai jadwal KPU secara nasional, penetapan pasangan bakal calon kepala daerah dilakukan serentak, Senin (12/2) hari ini. Hanya saja, penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua ini oleh KPU Provinsi Papua, tak bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Polemik verifikasi keaslian orang Papua dari paslon, yang masih terkendala di Pansus Pilgub ini,  yang membuat banyak pihak bertanya-tanya dan cenderung memunculkan kecurigaan dari berbagai pihak.

   Tim Koalisi Papua Bangkit Jilid II, melalui Ketua Tim Pemenangan, Mathius Awoitauw, menyatakan bahwa kewenangan proses verifikasi berkas calon ini ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua. Termasuk dari Pansus Pilgub DPR Papua dan MRP, khusus terkait dalam verifikasi keaslian Orang Asli Papua dari  kedua kandidat pasangan calon,

   Jadi, lanjut Mathius, persoalan ini tidak ada kaitannya dengan tim pemenangan, apalagi kandidat pasangan calon, sehingga tim maupun pasangan calon tidak perlu dilibatkan.  “Persoalan saat ini merupakan wilayahnya DPRP, dalam hal ini Pansus Pilgub, dan KPU Papua, sehingga sudah kami sarankan kepada KPU Papua agar dalam pengambilan keputusan, tim pemenangan, apalagi bakal pasangan calon, tidak dilibatkan karena kami di luar area itu.”tegas Mathius Awoitauw kepada Cenderawasih Pos, Minggu (11/2) kemarin.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 12/2(gra/oel/tri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *