Wabup Tolikara:  Kualitas Belanja APBD 2018 Harus Ditingkatkan

Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo didampingi Sekda Tolikara Drs Panus Kogoya menyerahkan DPA kepada Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Tolikara Saulus Nerek, di aula sidang DPRD Tolikara, Selasa (6/2).

KARUBAGA-Wakil Bupati Tolikara Dinus wanimbo,SH menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)  Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Tahun 2018  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolikara di Aula sidang DPRD Tolikara di Karubaga,  Selasa (6/2) kemarin.  Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo,SH   mengatakan bahwa penerbitan DPA tahun anggaran 2018 merupakan bagian dari kerja keras tim eksekutif dan legislatif. “Kami patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya.”ungkap Wabup Dinus Wanimbo saat penyerahan DPA OPD kemarin.

  Menurut Wabup Dinus Wanimbo, DPA  ini merupakan dokumen operasional yang akan menuntun para kepala OPD dalam melaksanakan dan merealisasikan anggaran sebagaimana tugas pokok dan fungsi kepala OPD sebagai pejabat pemerintah.

  Untuk itu, dirinya mengingatkan setiap pimpinan OPD sebagai pengguna anggaran agar selalu memegang teguh pakta integritas yang ditandatangani masing-masing OPD sebelum menerima DPA ini. Selain itu para pimpinan OPD memegang teguh  prinsip pengelolaan keuangan daerah yang baik, taat pada peraturan yang berlaku, profesional, optimal, efektif dan efisien, transparan serta bertanggung jawab dengan menjunjung tinggi  azas keadilan, kepatuhan.

  Selain itu, juga harus memperhatikan rencana kerja dan prioritas program yang telah ditetapkan dengan mengedepankan asas manfaat dan berorientasi pada hasil yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tolikara yang kita cintai bersama.

  Para kepala OPD juga bertanggung jawab penuh dalam merealisasikan setiap program kegiatan yang tercantum dalam DPA dengan mengingat dan memperhitungkan estimasi waktu yang tersedia dan agar memiliki rencana dan jadwal kerja yang jelas dalam pelaksanaan DPA, sehingga kegiatan tidak menumpuk di akhir tahun serta penyerapan anggaran dapat berjalan sesuai dengan yang seharusnya.

  “Saya ingatkan para kepala OPD untuk meningkatkan kualitas belanja APBD dengan memastikan alokasi anggaran benar-benar dimanfaatkan untuk program dan kegiatan yang memiliki nilai tambah besar bagi masyarakat,”ujar Wabup.

Selengkapnya Baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 7/2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *