Hujan Masih Turun hingga Akhir Bulan Maret

Kepala Subbidang Pelayanan Jasa BMKG V Jayapura, Finnyalia Napitupulu, saat memberikan keterangan, Selasa (6/2) keamrin di ruang kerjanya.

JAYAPURA – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura memprediksi curah hujan akan turun hingga akhir bulan Maret 2018.

Kepala Subbidang Pelayanan Jasa BMKG V Jayapura, Finnyalia Napitupulu mengatakan berdasarkan peta Gradien Level Wind Analysis pada tanggal 4 Februari 2018 jam 00.00 UTC, terdapat belokan angin di atas wilayah Papua bagian utara.

“Belokan angin ini menyebabkan munculnya awan-awan konvektif khususnya di Papua Bagian Utara, dan juga berdasarkan Peta Kelembaban Udara, menunjukkan bahwa Kelembaban Udara berkisar 80 – 100 %,” ungkap Finnyalia saat ditemui Cenderawasih Pos, di ruang kerjanya, Selasa (6/2) kemarin.

Finnyalia menjelaskan juga bahwa berdasarkan analisis Citra Satelit Enhanced, menunjukkan sebaran awan – awan hujan di sekitar wilayah Jayapura bagian utara dan terus meluas selama beberapa hari kedepan.

“Berdasarkan Citra Satelit Tipe Awan Cloud, menunjukkan terdapat awan-awan Cumulunimbus (Cb) dan awan-awan stratus di wilayah Papua bagian utara, dan juga berdasarkan peta suhu permukaan laut hari ini (kemarin, red) suhu berkisar antara 28-30°C  sehingga suplai uap air cukup besar di wilayah Samudra Pasifik Utara Papua,” katanya.

Selengkapnya Baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 7/2 (Eri/lay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *