Tiga Zero, Salah Satu Upaya Tekan HIV-AIDS

JAYAPURA- Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua, Constant Karma, menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Papua akan berupaya dalam menekan angka HIV-AIDS di Papua, yang mana salah satunya dengan Tiga Zero.

Seperti diketahui Tiga Zero ini diantaranya merupakan, zero infeksi HIV baru, zero diskriminasi dan stigma terhadap pengidap HIV, serta zero kasus kematian akibat AIDS.

“90 persen masyarakat berperilaku beresiko dapat mengetahui status HIV-nya, dengan cara melakukan tes HIV. Makanya kami sarankan bagi mereka semua yang biasanya berganti pasangan, yang berhubungan seks beresiko, untuk dapat melakukan tes HIV supaya dapat diketahui dan dapat dipastikan terkait infeksi HIV,” ungkap Karma kepada Cenderawasih Pos via telepon, Sabtu (3/2).

Kemudian dari 90 persen masyarakat yang melakukan tes dan diketahui positif terkena HIV, maka layanan kesehatan dapat menangani mereka dengan memberikan obat antiretroviral (ARV) untuk dapat dikonsumsi.

“Bagi mereka yang diberikan ARV ini harus terus dijaga bersama untuk dapat terus dengan rutin mengkonsumsi ARV. Ini harus dipertahankan jangan sampai putus, demi mencegah kematian akibat AIDS ini,”ujarnya.

Berita selengkapnya dapat dibaca di harian Cenderawasih Pos edisi 5/1 (gra/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *