Di Biak, Kapal Pesiar Asing Terbakar 

Kapal KM MSY Waow yang terbakar pada Rabu (31/1) malam 1 mil dari bibir Pantai Pelabuhan Biak.

26 Crew dan Penumpang Kapal Selamat

BIAK-Kapal pesiar milik salah satu perusahaan asing di Swiss, bernama KM MSY Waow, terbakar di sekitar perairan Biak, tepatnya  satu mil dari pelabuhan Biak Numfor. Kapal yang berada di pintu masuk lampu navigasi laut ini terbakar, Rabu (31/1) sekitar pukul 22.00 WIT, saat warga tengah menyaksikan proses terjadinya gerhana bulan yang tertutup awan  di Biak.

   Saat terjadi kebakaran, perairan di sekitar pelabuhan Biak ini memang cuacanya tengah terjadi  angin disertai hujan. Kapal wisata yang mengangkut sejumlah wisatawan asing ini saat masih berada di tengah laut, bergegas cepat untuk menghidupkan mesin. Pasalnya, takut terseret oleh angin ke arah reef.  Namun saat  menghindari reef agar kapal tidak kandas, justru kapal naas ini  mengalami kejadian yang tidak terduga.

   Dari data yang ada di  Kepala Sub Sektor Laut, Kamis (1/2) menyebutkan saat kapal menghindari reef itu, asap tebal muncul di belakang atau buritan kapal, tepat di ruang mesin. Kapten kapal bernama Bambang pun, kata Ipda M Bagus, memerintahkan ABK untuk menembakkan mercon ke atas sebagai kode SOS, atau meminta pertolongan dari daratan. Selanjutnya ABK menelepon agen kapal untuk meminta bantuan tambahan.

  Agen Kapal kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kepolisian Sub Sektor Kawasan Pelabuhan Laut Biak yang dipimpin oleh Ipda M Bagus Irianto. Sesaat setelah menerima laporan tersebut,  anggota polisi yang berjaga langsung  menindaklanjuti dan meminta bantuan kapal tugboat  milik Pertamina dan Malindo.

Baca berita selengkapnya di Harian Cenderawasih pos edisi (2/2) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *