Sebagian Besar Petani Sudah Tidak Produktif

Salah satu lahan persawahan yang berada di Distrik Asolokobal. Kendala yang dialami para petani di wilayah itu adalah umumnya mereka sudah tidak produktif lagi dalam mengolah lahannya.

WAMENA-Sebagian besar petani yang masih aktif di Kabupaten Jayawijaya sudah memastuki usia tidak produktif untuk bekerja di kebun atau di sawah, sementara masyarakat yang usia produktif lebih memilih tinggal di kota.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Jayawijaya, Hendri Tetelepta mengatakan, krisis petani usia muda itu hampir terjadi di seluruh distrik, sehingga dalam pengembangan pertanian di Jayawijaya, pihaknya terbentur dengan tenaga kerja yang kurang.

“Salah satu permasalahan kami di bidang pertanian adalah tenaga kerja. Mereka umumnya sudah bukan usia produktif. Sedangkan yang usia produktif lebih cenderung ke kota,”ungkapnya, Rabu (31/1) kemarin.

Menurutnya, untuk membantu petani usia tidak produktif agar hasil produksi pertanian tetap menghasilkan keuntungan, Pemkab memberikan bantuan peralatan pertanian yang bisa mempermudah para petani ini melakukan pengolahan pertanian.

  Berita selengkapkapnya dapat dibaca pada Harian Cenderawasih Pos edisi Kamis (01/02)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *